Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS WAJIB 9

Sistem Face Detection Untuk Daftar Hadir Mahasiswa 

     Pengenalan wajah atau Face Recognition adalah sebuah sistem identifikasi pribadi yang menggunakankkarakteristik pribadi seseorang (dalam hal ini wajah orang tersebut) untuk mengidentifikasikan identitasorang tersebut. Permasalahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yaitu verifikasi wajah danidenrifikasi wajah. Pada verifikasi wajah, orang yang berhasil diidentifikasi disebut dengan client, sedangakan yang tidak berhasil disebut impostor. Sedangkan dalam identifikasi wajah, berkaitan tentang sebuah subjek wajah, baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, pada basis data wajah. Dalam pengenalan wajah, terdapat 2 variabilitas. Yaitu varibilitas extrapersonal dan intrapersonal. Variabilitasekstra-personal timbul karena proses pengenalan wajah dilakukan pada wajah yang sangat berbeda, karena perbedaan ras dan genetika. Variabilitas intra-personal adalah variasi yang muncul pada wajah yang sama dimana hal ini disebabkan oleh perubahan-perubahan internal. Beberapa faktor intra-personal adalah :

        a.       Posisi wajah
        b.      Keberadaan komponen struktural
        c.       Ekspresi wajah
        d.      Oklusi (benda yang menghalangi wajah)
        e.      Orientasi citra
        f.        Kondisi pencitraan

Langkah-langkah generik dari sebuah sistem pengenalan wajah adalah sebagai berikut :

      1.       Deteksi Wajah. Proses ini dilakukan untuk menemukan posisi wajah dalam sebuah citra.      Citra wajah yangditemukan akan dilokalisir dan diekstraksi dari latar belakangnya.
      2.       Ekstraksi Ciri. Masukan pada proses ini adalah wajah tunggal tanpa latar belakang
      3.       Klasifikasi. Pada tahap ini, dilakukan pencocokan data wajah dengan data wajah yang ada pada database wajah.

Akan dibuat suatu proses pengenalan wajah yang berguna pada absensi di kelas.Proses ini membutuhkan database mahasiswa yang memang memiliki jadwal kuliah pada jam tersebut.Sistem ini membutuhkan kamera. Kamera nantinya akan diletakkan di depan kelas, dimana kamera dapatmenangkap seluruh suasana isi kelas.Ketika kamera menangkap seluruh wajah yang ada di dalam kelas, program akan mengklasifikasi wajah satuper satu. Sesuai dengan database yang ada. Database yang terdapat disini, adalah nama dan NIM mahasiswa.
Ketika program menemukan wajah yang sesuai dengan database absensi, maka dengan sendirinya, NIM yang teridentifikasi akan dinyatakan hadir pada perkuliahan tersebut.Beberapa camera di ponsel atau kamera digital, juga sudah bisa mendeteksi mana bentuk wajah, mana yang bukan wajah, dengan mengenali beberapa ciri umum wajah, seperti dua mata, hidung, mulut dan telinga.Ketika kamera mengenali bentuk umum wajah, program akan mengurungi wajah dengan sebuah kotak putih,sebagai tanda bahwa bentuk itu dikenali sebagai wajah, yang selanjutnya pada program ini akan dihubungkandengan data base mahasiswa. Jika program ini berjalan baik dan akurat, akan sangat menguntungkan. Karena akan mengurangi tingkat kebohongan mahasiswa dalam titip absen. Mahasiswa yang tidak teridentifikasi, akan langsung dinyatakan tidak hadir pada perkuliahan tersebut. Penangkapan gambar pada kamera ini dapat dilakukan saat pertengahan perkuliahan, dimana seluruhmahasiswa yang datang pada saat itu memang sudah lengkap.


sumber: http://www.academia.edu/4008698/Deteksi_Kehadiran_Mahasiswa_Menggunakan_Face_Recognition-Eva_Nitip

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar