PENGANTAR TELEMATIKA (TUGAS 3)
PENGANTAR TELEMATIKA (TUGAS 2)
Telematika
1. Apa yang Anda ketahui tentang telematika? Jelaskan pengertian telematika itu sendiri.
TUGAS WAJIB 16
Siapa Pembunuh Angeline Sebenarnya
TUGAS WAJIB 15
GOJEK
TUGAS WAJIB 14
Isu Dana Aspirasi DPR
TUGAS WAJIB 13
Masa Depan Persepakbolaan Indonesia
TUGAS WAJIB 12
Perbedaan Sistem Game Modern Oculus Rift , Leaf Motion, Intel Real Sense Technology, dan Vuforia Smart Terrain
TUGAS WAJIB 11
Game Sebagai Alat Pembelajaran dan Terapi Alternatif di Masa Depan
TUGAS WAJIB 10
Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi Untuk Kehidupan Sehari-hari
- Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.
- Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, misalnya:
- Kawasan lahan potensial dan lahan kritis;
- Kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak
- Kawasan lahan pertanian dan perkebunan
- Pemanfaatan perubahan penggunaan lahan
- Rehabilitasi dan konservasi lahan.
TUGAS WAJIB 9
TUGAS WAJIB 8
4. Keajaiban Mario manusia ajaib?
Mario Steven Ambarita, 21, penumpang gelap pesawat Garuda Indonesia GA 177 sanggup bertahan terbang selama lebih dari satu jam di rongga roda pesawat. Pemuda asal Rokan Hilir, Riau, ini nekat melakukan aksi berbahaya itu demi bertemu Presiden Joko Widodo.
Remaja bertubuh kecil pendek dan berkulit cokelat itu, berangkat dari rumahnya di desa Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah menuju Pekanbaru. Steven dikabarkan langsung menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Metrotvnews.com. Mario bobol dari pengawasan petugas bandara. Ia menerobos pagar bandara kemudian masuk ke dalam rongga roda belakang pesawat.
perjalanan Mario dari Pekanbaru ke Jakarta memakan waktu 1 jam 10 menit di atas ketinggian 30 hingga 34 ribu kaki. Saat pesawat berhenti di tempat parkir Bandara Soekarno-Hatta, petugas melihatnya berjalan terhuyung-huyung. Oleh petugas didekati dan dibawa ke pusat kesehatan bandara. Saat itu kondisi fisiknya sangat lemah.
referensi : http://news.metrotvnews.com/read/2015/04/08/382638/aksi-nekat-mario-menyelinap-di-roda-pesawat-bisa-dipidanakan
TUGAS WAJIB 7
Sebanyak 22 situs yang dianggap menjadi penggerak paham radikalisme di Indonesia ditutup oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rudiantara. Alasan penutupan 22 situs tersebut adalah permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berdasarkan surat Nomor : 149/K.BNPT/3/2015 tentang situs/website radikal. Menurut BNPT semua situs itu menyebarkan paham radikalisme dan sebagai simpatisan radikalisme.
2. voa-islam.com
3. ghur4ba.blogspot.com
4. panjimas.com
5. thoriquna.com
6. dakwatuna.com
7. kafilahmujahid.com
8. an-najah.net
9. muslimdaily.net
10. hidayatullah.com
11. salam-online.com
12. aqlislamiccenter.com
13. kiblat.net
14. dakwahmedia.com
15. muqawamah.com
16. lasdipo.com
17. gemaislam.com
18. eramuslim.com
19. daulahislam.com
20. mshoutussalam.com
21. azzammedia.com
22. Indonesiasupportislamicstate.blogspot.com
TUGAS WAJIB 6
- Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang sulit dapat dijadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya merancang suatu bangunan seperti gedung, hotel, dan rancangan denah rumah.
- melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan simulator.
- game virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas, misalnya seperti The Sims, Fable dan Second Life
- mengakibatkan seseorang merasa kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat berinteraksi dengan dunia buatan.
- Virtual Reality dapat meningkatkan pengangguran karena lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek.
- pengembangannya yang lebih mudah dan murah sehingga augmented reality merebak secara cepat di berbagai bidang.
- dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media
- masalah pelacakan sudut pandang pengguna, untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik citra virtual, aplikasi harus tahu dimana pengguna mencari dunia nyata.
TUGAS WAJIB 4
Peluang kerja untuk lulusan program studi Sistem Informasi terbuka lebar. Setidaknya ada 17 peluang karir yang menunggu lulusan prodi ini. Diantaranya menjadi:
- pengembang aplikasi atau software
- analisis bisnis
- analisis basis data
- spesialis ERP
- konsultan IT
- system analyst
- manajer isi web
TUGAS WAJIB 3
3. Pilih skripsi atau kompre?
Saya pribadi lebih memilih skripsi jika di semester 7 nanti IPK saya mencukupi syarat untuk mendapatkan SK skripsi. Mengapa demikian? Jalur skripsi memang terlihat jauh lebih sulit dibandingkan dengan jalur kompre. Tetapi di setiap usaha kita nanti akan menjadi pengalaman pada saat bekerja. Saat melamar pekerjaan nanti akan ditulis judul skripsi yang telah kita buat. Maka dari itu, saya lebih memilih jalur skripsi karena akan sangat terasa perjuangannya. Saya tidak mengatakan bahwa kompre adalah jalur yang tidak membutuhkan usaha, kompre pun sulit. Kita harus menguasai 3 mata kuliah yang akan diujikan nanti. Tidak ada kisi-kisi sama sekali, jadi mau tidak mau kita harus benar-benar menguasai mata kuliah tersebut. Saya akan berusaha agar IPK semester 7 saya akan mencukupi syarat skripsi nanti, In Shaa Allah.
Kelebihan Skripsi:
- Jalur skripsi tidak mengharuskan mahasiswa untuk menguasai mata kuliah tertentu, hanya fokus terhadap skripsi yang sedang disusun.
- Pada saat sidang nanti, kita akan lebih mudah menjawab pertanyaan dosen penguji karena skripsi disusun oleh kita sendiri, maka otomatis menguasai segala aspek yang akan diujikan,
- Membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam proses penyusunan skripsi tersebut
- Membutuhkan perjuangan dan mental yang kuat
- Kita tidak diharuskan menyusun skripsi
- Lebih hemat biaya
- Kita harus menguasai 3 mata kuliah sekaligus
- Tidak mengetahui apa-apa saja yang akan diujikan oleh dosen penguji
TUGAS WAJIB 2
2. Electronic Budgeting
Electronic budgeting adalah sebuah sistem pembuatan anggaran di lingkungan pemerintahan suatu kota. Dalam sistem ini untuk membuat sebuah anggaran, dibutuhkan komponen-komponen penyusun yang sama yang mana komponen-komponen tersebut merupakan hasil dari survey di lapangan. Komponen penyusun terdiri dari tiga jenis pengelompokkan, yaitu : Standar Analisa Belanja (SAB). Sistem ini dibuat secara online agar dapat diakses oleh dinas dimanapun lokasinya dan juga dapat diakses pada saat pembahasan dengan dewan.
Fitur yang terdapat dalam sistem e-budgeting:
- Pembuatan komponen-komponen penyusun
- Pembuatan anggaran
- Pengiriman rincian anggaran
- Evaluasi anggaran
- Daftar harga dan daftar penyusun komponen
- Rekap anggaran
- History rincian anggaran
- Setting kode rekening komponen penyusun anggaran
- Komitmen pimpinan daerah untuk mempercepat proses penganggaran
- Mengurangi kebocoran anggaran APBD
- Mempercepat proses penyusunan RKA SKPD
- Mengurangi penggunaan kertas
- Perlu waktu untuk mengubah mindset para pegawai untuk membangun dan menjalankan e-budgeting
- Adanya resistensi penolakan pada beberapa SKPD
- Ketergantungan terhadap jaringan internet
- Adanya keterbatasan SDM untuk mengoperasikan aplikasi e-budgeting
- Masih banyaknya SKPD yang belum memahami penggunaan aplikasi e-budgeting
- Membuat mapping sistem dan database budgeting disesuaikan dengan alur kerja manajemen penganggaran
- Membuat alur kerja e-budgeting beserta manajemennya
- Membangun sistem e-budgeting (software dan hardware) sesuai dengan alur kerja manajemen kinerja
- Melakukan pelatihan bagi SDM pengelola sistem
- Uji coba sistem e-budgeting
- Internalisasi e-budgeting kepada seluruh SKPD dan stakeholders
- Menerapkan dan memelihara sistem e-budgeting.
- Penyusunan Anggaran SKPD menjadi lebih cepat
- Mempermudah dan mempercepat SKPD untuk melakukan perubahan atau menambahkan komponen pada rincian RKA jika sudah ada izin dari tim
- Tersedianya standar harga (SBU) untuk menyusun anggaran
- Mendapatkan informasi dan data rencana anggaran lebih cepat
http://inovasi.lan.go.id/index.php?r=inovasi/read&id=67
TUGAS WAJIB 5
1. Perbandingan VSCOCam dengan Afterlight?
VSCOCAM :
- Bebas iklan
- Mempunyai geotagging
- Sebuah aplikasi gratis
- Dapat menyesuaikan kontras
- Fokus dan mengekspos secara terpisah
- Dapat menyesuaikan kecerahan
- Compatible dengan Android
- Filter lebih banyak dibandingkan VSCOCAM
- Lebih banyak frame/bingkai
- Dioptimalkan untuk tablet
- Aplikasi berbayar
TUGAS SUNNAH KE 2 : IMPIAN
Semua orang mempunyai impian. Impian itu terasa jauh jika kita tidak berusaha untuk menggapainya. Sejak kecil saya bercita-cita ingin menjadi seorang dokter anak. itu saat saya berumur 10 tahun.Tetapi saya ada kendala di pelajaran matematika, akhirnya saya mengurungkan cita-cita itu sejak di bangku SMP. Saat masuk SMP, saya belum terfikirkan ingin menjadi apa kelak, ingin mengambil jurusan apa, atau ingin kuliah dimana. Saya hanya terfokus ingin menjadi murid di salah satu SMA Negeri terfavorit di kota Bogor, yaitu SMAN 3 Bogor. Saat Ujian Nasional selesai, saya mulai fokus belajar untuk tes masuk SMA Negeri RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). SMA negeri favorit di Bogor yang mengadakan test ini adalah SMAN 1 Bogor, SMAN 2 Bogor, SMAN 3 Bogor, dan SMAN 6 Bogor. Iya, angkatan saya memang bisa dikatakan angkatan percobaan karena peratma kalinya masuk SMA Negeri dites sebegitu ketatnya. Pertama seleksi NEM, lalu jika lulus seleksi NEM akan maju ke tahap tes akademik, jika lulus lagi tahap tes akademik, maka akan maju ke tahap terakhir yaitu psikotest dan interview. Sungguh melelahkan. Hal itu yang membuat saya berpikir lagi apakah saya yakin ingin apply ke SMAN 3 Bogor? karena, tes RSBI ini hanya bisa memilih 1 SMA, jika kita tidak lulus maka kita tidak bisa memilih SMAN favorit yg lainnya dan harus memilih SMAN non favorit atau swasta. Maka saya mengurungkan mimpi saya sejak kelas 7 SMP itu dan memilih SMAN 6 Bogor yg pada saat itu menduduki peringkat ke 3. Alhamdulillah saya diterima di SMAN 6 Bogor saya senang sekali dan bersyukur. Banyak juga teman saya yang diterima di SMAN 1,2,3.
SMAN 6 Bogor adalah sekolah yang berbasis go green di kota Bogor. Lingkungan sekolah yang asri dan nyaman untuk dijadikan tempat menuntut ilmu. Saya sangat bahagia sekolah di SMAN6 Bogor, saya memiliki banyak teman dan mengikuti organisasi MPK di sekolah. Kesedihan saya karena tidak mencoba tes di SMAN 3 Bogor pun hilang. Singkat cerita, tiba saatnya saya lulus dari sekolah ini. Saya sangaaaaat ingin menjadi mahasiswi Sistem Informasi UI. Saya mendapatkan kesempatan mengikuti SNMPTN undangan dan hanya memilih Sistem Informasi UI, dan yaa hasilnya saya tidak diterima. begitu juga dengan SNMPTN tertulis dan SIMAK. Kesalahan saya adalah saya terlalu fokus pada jurusan Sistem Informasi dan UI nya. Padahal kalau saya ingin mencoba di universitas negeri lain, mungkin saja saya diterima. Akhirnya saya memutuskan untuk masuk UNiversitas Gunadarma saja, alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa yaitu potongan biaya per semester lewat jalur PMDK.
Awal-awal semester saya masih tidak bersahabat dengan lingkungan kampus. Saya masih sering menangis karena tidak diterima di UI, kadang saya sangat menyesal mengapa saya tidak terlalu bersungguh-sungguh pada saat test masuk Universitas. Tetapi semenjak semester 2, kesedihan itu semakin pudar dan saya sudah melupakan UI untuk selama-lamanya. Saya mengingatkan pada diri sendiri bahwa kesuksesan itu tidak dinilai dari lulusan universitas mana kamu, tetapi dilihat dari nilai dan skill yang dimiliki. Percuma saja diterima di UI, tetapi tidak serius. Karena pada dasarnya, di dunia kerja nanti yang ditanyakan adalah transkrip nilai, keahlian apa yang dimiliki, bagaimana kita bekerja, attitude kita, dan kedisiplinan lah yang paling penting.
TUGAS SUNNAH
Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan iOS dan Android
iOS adalah Sistem Operasi berbasis Mobile yang dikembangan dari perusahan Apple. OS yang dikembangkan ini hanya terdapat pada Handphone iPhone yang diproduksi oleh perusahaan Apple. OS ini
diluncurkan pertama kali pada tahun 2007 pada perangkat iPhone dan iPod Touch. OS ini bersifat non-komersial yang berarti, OS tersebut tidak dapat di-install pada perangkat keras non-Apple.
TUGAS WAJIB 1
1. Kenapa Android tidak diperbolehkan lagi dalam penulisan ilmiah (PI)?
Mahasiswa semester 6 di Universitas Gunadarma diharuskan menyusun penulisan ilmiah. Penulisan Ilmiah ini sama dengan skripsi kecil. Di Universitas Gunadarma tidak ada magang atau KKN tapi sebagai gantinya, mahasiswa semester 6 diwajibkan menyusun penulisan ilmiah. Di jurusan Sistem Informasi, penulisan ilmiah bertemakan Android adalah salah satu tema favorit yang sangat sering diambil oleh mahasiswa. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Rencananya tahun ini Android tidak diperbolehkan lagi dalam penulisan ilmiah. Mengapa demikian?
Menurut saya alasan mengapa Android tidak diperbolehkan lagi dalam penulisan ilmiah adalah karena sudah terlalu banyak mahasiswa yang mengambil tema Android pada tahun-tahun sebelumnya. Para dosen pembimbing sudah mulai bosan dengan PI yang bertemakan android. Tetapi masih ada beberapa dosen pembibimbing yang memperbolehkan Android untuk dijadikan tema penulisan ilmiah. Intinya, aplikasi-aplikasi berbasis android yang dibuat oleh para mahasiswa tahun sebelumnya sudah sangat banyak. Para dosen menginginkan kita lebih bereksplorasi dalam menyusun penulisan ilmiah karena di zaman modern seperti ini banyak teknologi-teknologi lain yang harus kita kembangkan. Jangan hanya berpatokan pada Android saja.
Tugas Artikel
Spekulasi dan teori mengenai penyebab musibah inipun bermunculan sejak saat itu. Namun, kepastian mengenai penyebab kecelakaan ini baru didapat dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
Salah satu analisis yang muncul datang dari sejumlah peneliti dari Puslitbang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Tim yang terdiri dari Prof Edvin Aldrian, Ferdika Amsal, Jose Rizal, dan Kadarsah menganalisis musibah itu dari sisi meteorologis. Penelitian mereka ini kemudian diunggah ke laman BMKG.
Kesimpulan penelitian mereka menyebutkan bahwa cuaca buruk menjadi faktor pemicu terjadinya kecelakaan tersebut. "Analisis awal menunjukkan bahwa pesawat kemungkinan telah terbang masuk ke dalam awan badai," demikian tertulis dalam dokumen di laman BMKG tersebut. Penelitian ini mengindikasikan bahwa cuaca buruk jadi pemicu musibah AirAsia QZ8501.
Sebelumnya, pesawat dengan registrasi PK-AXC tersebut memang hilang kontak saat berada di antara Tanjung Pandan (Belitung Timur) dan Pontianak. Pesawat sempat melakukan kontak terakhir dengan ATC di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 06.12 WIB. Pesawat tersebut terakhir kali terpantau di ketinggian 32.000 kaki di atas permukaan air laut sebelum akhirnya sinyal ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast) yang dipancarkan pesawat hilang.
Saat itu pesawat melaporkan akan menghindari awan Cumulonimbus (Cb) dengan berbelok ke arah kiri, posisi ketinggian pesawat 32.000 kaki dan minta izin untuk menaikkan ketinggian pesawat menjadi 38.000 kaki. Kemudian pada pukul 06.17 WIB, pesawat hilang kontak.
Dari penelitian ini terungkap juga bahwa pesawat berbelok ke kiri 329° di atas Laut Jawa, setelah lepas landas pukul 05.36 waktu setempat.
Pada pukul 05:54, ketinggian pesawat mencapai FL320 (32.000 kaki). Kemudian pesawat merubah arah ke kiri menjadi 319°. 10 menit kemudian merubah lagi arah sedikit ke arah 310°. Pesawat terlihat terakhir di layar monitor ACC radar pada pukul 06:24 WIB.
Pada saat itu pesawat sedang melakukan deviasi (pengalihan arah) dari yang telah direncanakan karena alasan cuaca buruk. Pesawat meminta kenaikan ketinggian dari 32.000 kaki ke 38.000 kaki.
"Dari beberapa kali manuver perubahan arah (heading) yang dilakukan oleh pesawat tersebut diperkirakan pesawat menghindari cuaca buruk yang menghadang di depannya. Diperkirakan QZ8501 terjebak cuaca buruk yang sulit dihindari ketika sedang berada di atas Selat Karimata dekat Pulau Belitung."
Penelitian ini juga memadukan data kondisi cuaca di rute QZ8501 saat itu. "Dokumen penerbangan yang diberikan oleh kantor BMKG menunjukkan bahwa pada rute yang akan dilewati selama pesawat cruising level terdapat kondisi yang cukup mengkhawatirkan."
Icing
Salah satu data yang dipakai tim Puslitbang BMKG adalah citra satelit IR. Saat kejadian, citra menunjukkan suhu puncak awan yang ada di jalur penerbangan QZ8501 mencapai-80º hingga 85ºC (warna violet). "Yang berarti terdapat butiran-butiran es di dalam awan tersebut (icing)."
Hal tersebut juga menunjukkan bukti bahwa ada beberapa puncak awan yang menjulang tinggi pada jalur penerbangan yang dilewati.
Berdasarkan data yang tersedia di lokasi terakhir pesawat yang diterima cuaca adalah faktor pemicu terjadinya kecelakaan tersebut. Fenomena cuaca yang paling memungkinkan adalah terjadinya icing yang dapat menyebabkan
mesin pesawat mengalami kerusakan karena pendinginan
Hal ini hanyalah salah satu analisis kemungkinan yang terjadi berdasarkan data meteorologis yang ada, dan bukan merupakan keputusan akhir tentang penyebab terjadinya insiden tersebut.
Kutipan :
- "Analisis awal menunjukkan bahwa pesawat kemungkinan telah terbang masuk ke dalam awan badai," demikian tertulis dalam dokumen di laman BMKG tersebut.
Sumber: http://www.rtv.co.id/read/news/975/analisis-penyebab-kecelakaan-airasia-qz8501
Izin Terbang Ilegal
Kemenhub Duga Tidak Hanya Air Asia
Jakarta, KOMPAS - Sejak Sabtu (3/1), Kementerian Perhubungan meminta keterangan sejumlah pihak untuk mengetahui pihak yang bertanggung jawab terkait izin terbang ilegal maskapai AirAsia rute Surabaya-Singapura. Dari beberapa keterangan diduga izin ilegal banyak digunakan sejumlah maskapai.
"Kami telah meminta keterangan beberapa pihak yang mengeluarkan izin terbang Air Asia itu, termasuk internal Kemenhub. Saya menyatakan itu izin ilegal karena tak pernah ada persetujuan dari Kemenhub. Saya menduga hal seperti ini juga dilakukan maskapai lain" Kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Jakarta, kemarin.
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Kompas, terkait jadwal terbang AirAsia yang ilegal kemarin Menhub meminta keterangan direksi PT Angkasa Pura I yang membawahkan pengelolaan Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Lembaga AirNav Cabang Juanda yang mengelola navigasi penerbangan di bandara itu, dan koordinator slot penerbangan internasional.
"Pemeriksa dari Kemenhub juga akan turun ke lapangan. Mereka akan memeriksa semua pihak terkait. Untuk AirAsia diketahui penggunaan jadwal itu sejak 28 Oktober. Kami akan periksa sampai ketemu semua yang bertanggung jawab mengeluarkan izin itu." kata Jonan.
Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko menyatakan akan ada tahapan evaluasi setelah izin penerbangan AirAsia rute Surabaya-Singapur dibekukan. Selama tahapan evaluasi belum tuntas, AirAsia tidak akan banyak berkomentar. "Kami akan sepenuhnya bekerja sama dalam tahapan evaluasi tersebut" kata Sunu di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Surabaya.
Kutipan
- "Kami telah meminta keterangan beberapa pihak yang mengeluarkan izin terbang Air Asia itu, termasuk internal Kemenhub. Saya menyatakan itu izin ilegal karena tak pernah ada persetujuan dari Kemenhub. Saya menduga hal seperti ini juga dilakukan maskapai lain" Kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Jakarta, kemarin.
- "Kami akan sepenuhnya bekerja sama dalam tahapan evaluasi tersebut" kata Sunu di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Surabaya.